/> Asal-usul Bambu Runcing yang Pernah Buat Penjajah Ketakutan | Belajar Dari Pendahulu Belajar Dari Pendahulu: Asal-usul Bambu Runcing yang Pernah Buat Penjajah Ketakutan

Ads (728x90)

Asal-usul Bambu Runcing yang Pernah Buat Penjajah Ketakutan



Ini Asal-Usul Bambu Runcing Yang Pernah Membuat Penjajah Ketakutan - Di masa penjajahan, bisa dikatakan jika kekuatan para pejuang Indonesia itu luar biasa dalam melakukan perlawan kepada para penjajah baik itu Belanda atau Jepang. Akan tetapi anehnya para pejuang itu tidak pernah takut kala merebutkan kemerdekaan meski hanya dengan senjata seadannya. salah satu senjata yang menjadi andalan pasukan Indonesia kala itu adalah bambu runcing. Senjata asli Indonesia ini pernah membuat para penjajah ketar-ketir.

Bambu Runcing tentu hal yang sudah selalu kita dengar selama ini, akan tetapi tahukah kita darimana asal senjata itu? Rupanya jika diruntut ke belakang, terdapat sejarah yang panjang gaes untuk senjata yang satu ini. Mulai dari dibuat oleh seorang kiai sampai dengan senjata yang sakit mandragua. Supaya kita tidak penasaran, langsung simak aja gaes berikut ini ulasan selengkapnya.

ASAL-USUL BAMBU RUNCING

Sampai kini masih belum diketahui dengan jelas gaes mengenai asal senjata yang satu ini, akan tetapi dalam satu versi yang sangat umum adalah berasal dari seorang kiai hebat yang ada di Indonesia. Kiai hebat itu bernama Subchi seorang ulama Parakan yang digadang sebagai seorang yang menggagas senjata yang sangat populer di Indonesia ini.


Rupanya pada saat masa penjajahan, banyak sekali para santri yang juga ikut berjuang menghadapi para penjajah. Sebelumnya mereka para santri ini selalu sowan pada kiai Subchi, dan disanalah mereka dibekali dengan senjata bambu runting. Usai diajarkan doa-doa yang harus dipanjatkan kala menghadapi para penjajah oleh Kiai Subchi, para santri itu pun dengan berani turun ke medan tempur dan menghadapi para penjajah dengan Bambu Runcing.

BUKAN SEORANG ULAMA BIASA

Banyak sekali julukan yang diberikan dari Kiai yang satu ini, mulai dari bambu runting sampai dengan sang penggerak. Berkat jasa Beliau para santri dan juga pejuang berani menghadapi para penjajah. Selain itu, beliau juga dikenal merupakan seorang yang sangat alim. Menjadi anak dari salah satu ulama yang paling ternama, Kiai Wahab, Kiai Subchi di didik dengan pondasi agama yang begitu kuat.


Atas komando yang Beliau berikan para laskar-laskar pun dibentuk dan siap membantu TKR dalam memperebutkan kemerdekaan di Indonesia. Beliau juga dikenal adalah seorang guru pahlawan hebat Indonesia, Jenderal Soedirman.

KEHEBATAN YANG DIKENAL SEPANJANG MASA

Usao para santri disuruhnya untuk membuat senjata bambu runcing, rupanya popularitas senjata ini pun menyebar sampai kemana-mana. Ya, berkat senjata ini jugalah banyak peperangan yang berhasil dimenangkan. Para pejuang dan juga santri yang ada di Indonesia semuanya menggunakan senjata ini untuk senjata utama mereka.


Konon kala itu senjata ini memiliki kesakitan tersendiri pada masa perjuangan yang selalu berhasil membuat peperangan dimenangkan. Usut punya usut kesaktian yang ada pada bambu runcing itu adalah berkat doa dari Kiai Subchi yang ia tuliskan di atas bambu runting tersebut. Usai bambu runcing itu di beri doa, maka para pemuda santri pun menjadi lebih bersemangat dan berhasil mengalahkan para penjajah.

PENJAJAH PALING TIDAK MAU JIKA HARUS BERHADAPAN DENGAN BAMBU RUNCING

Konon katanya nih gaes para penjajah paling tidak mau jika harus menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata ini, bukan mau disini berarti jika penjajah itu paling takut jika harus berhadapan dengan para pejuang yang menggunakan senjata bambu runcing.


Karena tusukan bambu runcing itu merupakan hal yang sangat menyakitkan, dan mematikan tidak heran jika para penjajah tidak berani menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata bambu runcing.

Nah, itu dia gaes tadi mengenai asal-usul bambu runcing yang pernah membuat ketar-ketir para penjajah, yuk dibantu dishare dan kita tunggu juga ya gaes komentar kalian :) Terima Kasih

sumber : http://www.hanyatauaja.com/2017/08/ini-asal-usul-bambu-runcing-yang-pernah.html

Posting Komentar